Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 19 Maret 2012

"Disiplin diri" adalah Kunci Keberhasilan Apapun

Disiplin secara mudah artinya sikap integritas seseorang yang patuh dan taat terhadap sebuah tata tertib yang membawa pada suatu kebaikan.

Patuh dan taat terhadap sesuatu peraturan yang menuju ketertiban diri atau umum yang pada umumnya demi terciptanya suatu kondisi yang baik dan kebaikan.

Disiplin diri sendiri bisa berarti menertibkan suatu sikap tertentu menjadi patuh dan taat pada hal yang di anggap akan berdampak baik bagi perkembangan pribadi dan kepribadian.

Pengertiannya bisa jadi banyak sih..tetapi biar lebih mudahnya disiplin diri adalah patuh dan taat kita pada sesuatu aturan tertulis maupun tidak tertulis demi untuk kebaikan kita sendiri.

Patuh dan taat tentang ketertban akan membawa sesuatu hal menjadi beres,rapi dan menunjang kepada arah maksud dan tujuan kebaikan termaksud.

Disiplin dalam pengeluaran Uang pribadi.

Berapapun gaji atau penghasilan kita ,jikalau disiplin (ketertiban diri) dalam hal mengurus pos pengeluaran menjadi tidak tertib dan serakah pasti akan selalu kurang-kurang-dan kurang,atau malah bisa sampai parah ,berhutang.Karena disiplin pengeluaran kita kurang,lemah atau bahkan tidak disiplin,

Disiplin juga berhubungan dengan sikap mampu menahan segala godaan untuk melakukan sesuatu hal yang akan berakibat buruk,misalnya nafsu untuk selalu membeli hal-hal yang sebenarnya kurang perlu,padahal keperluan pokok saja masih ngos-ngosan selalu kurang,tetapi berhubung disiplin diri lemah maka kita dengan "serakahnya" mengeluarkan uang kita untuk hal yang kurang perlu,sudah pasti anggaran kita akan defisit terus.

Disiplin dalam mengelola keluarga juga sama,baik hal keuangan atau hal kesetiaan,disiplin tentang kelanggengan rumah tangga,bila lemah tingkat kepatuhan dan semangat ketertibannya,disiplin tidak terintegrasi di dalam diri pastilah suatu saat keluarga akan semrawut,ribut dan akhirnya tidak sedikit yang hancur.

Mengelola perusahaan,mengelola jaringan,mengelola pertemanan,mengelola suatu usaha kecil,mengelola tanah pertanian,mengelola apapun,kedisiplinan diperlukan jikalau ingin berhasil.

Banyak cerita deh bagaimana sikap orang-orang Jepang semasa awal-awal perjuangan mereka mau bangkit dari keterpurukannya,atau bagaimana kisah-kisah pengusaha sukses di awal perjuangannya,kisah-kisah para Taipan pengusaha China di awal-awal perjuangannya,bagaimana kisah para penulis sukses,para blogger sukses,para ilmuwan sukses,ara pengusaha jaringan yang sukses,para pedagang kecil yang sukses,atau tetangga saudara kita yang sukses,semua yang sukses-sukses mereka "bersikap disiplin semua hal "diawal-awal langkah suksesnya.

Ada seorang teman saya yang berprofesi sama dengan saya,gajinya sama dengan saya,pos pengeluaran pokoknya di rumah tangga sama dengan saya,namun dalam kurun setahun dia bisa menyisihkan uangnya buat beli harta tambahan baru,beli sepetak sawahlah,atau bisa membeli sepetak tanahlah,atau bisa menambah saldo tabungannnya di Bank,atau bahkan bisa menolong saudaranya yang minta pinjaman uang,setelah saya "survey" dan di intip gaya hidupnya,wah ternyata disiplin banget beliau dalam mengeluarkan uangnya.

Dia teman saya jikalau enggak perlu-perlu sangat jarang membeli hal apapun yang bersifatnya bukan kebutuhan pokok,kedua selalu mencatat setiap pengeluaran uang walau mengeluarkan uang hanya satu riyal,ketiga dia tidak merokok,keempat dia suka memelihara harta yang sudah ada dengan apik,teliti dan telaten misalnya selalu memelihara sepatunya setiap hari,menggosoknya,menyimpan di tempat yang baik,jadi sepatunya awet dan kelihatan layak pakai terus,ke pakaian selalu merawat pakaiannya setiap saat dengan memeliharanya baik-baik jadi sampai ada pakaian yang usianya lima tahun masih layak pakai dan masih bersih serta awet karena disiplin memeliharanya.

Dalam hal gadget HP dia misalnya atau komputer dia misalnya,jarang HP dia rusak,atau komputer dia rusak karena kelalaian pemeliharaan,dia selalu disiplin dalam menyimpan,dalam memakai,HP nya saja selalu pakai sarung kalau dibawa beperggian,pokoknya segalanya dispilin meskipun kadang kelihatan ribet oleh saya haha..tetapi patut di acungi jempol disiplin beliau sangat "jepang'sekali,makanya tak banyak pos pengelaran sia-sia di akhir bulan.

Ya disiplin dalam segala hal akan sangat menunjang keberhasilan sesuatu,karena dengan disiplin akan terhindar dari sesuatu tentang kecerobohan,akibat yang sia-sia dan tak berarti,akan terhindar dari sebuah pemborosan yang sebenarnya bisa diantisipasi,dengan disiplin akan membuat hidup kita teratur serba tertib dan jelas serta mantap dalam berpola,bersikap dan berjalan di kehidupan.

Selamat malam.




0 komentar:

Poskan Komentar