Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 17 April 2012

Apakah Kita Sudah Dewasa ?

Oleh : A.Wierodjampang

Dewasa dalam arti simpel yaitu telah matang atau bagi manusia sudah tidak usia anak-anak lagi,dan masih banyak pengertian dewasa dilihat dari berbagai sudut pandang.Misalnya secara hukum manusia dianggap telah dewasa bila lebih dari 17 tahun atau sudah menikah,ada pula yang menyebut dewasa ketika umur sudah lebih dari 30 tahun.

Kali ini saya tertarik dengan dewasa sebagai pengertian sudah matang,masak, baik matang dan masak secara harfiah maupun dalam arti eufimisme.

Matang artinya sudah tidak mentah,sudah masak pengertian untuk manusia artinya sudah bisa berpikir dan bertindak matang,tidak mentah.

Dalam sikap sehari-hari bisa dilihat dengan ciri sikap dan tindakan yang tenang,kalem,mantap,penuh perhitungan,tidak grasa-grusu dan segala sesuatu di pertimbangkan baik dan buruknya dengan melihat dan belajar dari pengalaman selama jam terbang jalan hidupnya.

Sikap yang dewasa juga bisa berbentuk sikap yang lebih baik dari hari kemarin,sikap yang lebih baik dari semasa umur muda hari-hari yang telah lalu.

Meskipun secara banyak jumlah hitungan usia tidak menjamin kedewasaan seseorang tumbuh bersamanya,namun paling tidak kalau umur hidupnya sudah banyak dan beranjak tua,jelas pengalaman mempunyai pengaruh terhadap sikap dan tindakan kita saat ini.

Kondisi dewasa atau tidak seseorang banyak faktor yang ikut mempengaruhi kualitas kedewasaan,misalnya tergantung kepada latar belakang dari keluarga macam apa dia berasal,dari lingkungan mana dia berasal,dari pendidikan mana dia berasal,dan sekarang saat ini dimana dia berkomunitas,termasuk kecerdasan berpikir seseorang juga pengaruh terhadap kualitas dewasa orang perorang.

Dewasa dalam berkata,dewasa dalam bersikap,dewasa dalam bertindak termasuk dewasa dalam menyikapi dan menghadapi segala tantangan dan fenomena kehidupan.

Sudahkan kita masuk sebagai orang Dewasa ?,hanya diri sendirilah yang bisa menjawabnya.(AWD/2012)

Ilustrasi : shuterstock

2 komentar:

Dewasa dalam berkata,dewasa dalam bersikap,dewasa dalam bertindak termasuk dewasa dalam menyikapi dan menghadapi segala tantangan dan fenomena kehidupan.

---------------------------------------

kalimat di atas sngt bijak sekali
menambah wawasan saya
salam neng moona :D

Neng

makasih mampirnya,salam buat Khaled junior-nya,
salam juga buat si akangnya.

semoga rukun dan damai selalu,sampai akhir nanti.

Poskan Komentar