Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 18 Mei 2012

Belajar Mengemudi Mobil Matic Pemula

By : Aang Wierodjampang


Ketika mobil matic berjalan di jalanan biasa,disarankan -
Persneling di hurup D (lihat gambar ada garis bawah)
pertanda mobil dalam keadaan siap melaju,tinggal tancap gas gan

Dulu pernah saya mengulas cara belajar nyetir mobil bagi pemula (silahkan klik link dibawah tulisan ini),meskipun teori yang sangat dasar dan belum komplit tetapi mudah-mudahan setidaknya memberi manfaat bagi yang mau belajar nyetir mobil manual maupun automatic.


Tongkat (handle) persneling di mobilmatic Chevrolet


Kali ini saya mencoba menulis bagi pemula yang berminat belajar mengendarai mobil automatic dasar-dasarnya saja yang penulis ketahui sesuai pengalaman.

Tulisan ini difokuskan kepada jenis gear atau gigi persenelingnya yang automatic atau populer disebut matic atau otomatis tidak memerlukan injakan pedal kopling manual seperti pada mobil manual biasa.

Jadi lebih gampang daripada belajar nyopir mobil manual,seperti biasa saya tulis memakai step-step menurut penulis sendiri.

Tahap pertama,Mobil dalam keadaan off,mesin mati, berhenti tidak berjalan.

1.Pelajari semua instrumen dan control panel di bagian kabin, dashboard,lihat pedal di bawah setir hanya ada dua buah pedal yaitu pedal Rem di sebelah kiri dan pedal Gas sebelah kanan.

Kaki kiri di mobil automatic tidak berfungsi untuk bekerja apapun,jadi selonjoran saja,yang bekerja hanya kaki kanan ,injak REM dan injak pedal GAS saja bergantian.

2.Untuk model-model tertentu,mobil matic banyak model dan fiturnya,sesuai model mobil masing-masing instrumen dan performanya berbeda-beda.

Pelajari kunci kontak ada yang starter dengan sistem magnetik cukup di touch (sentuh saja) atau dipencet saja oleh jari tangan atau di colokkan kunci kontak dengan memegang kontrol magnetik di pegang atau melekat di tubuh kita,biasanya menempel di kunci kontak.Periksa biasanya suka ada tulisan ON atau START di dekat setir.Itulah tombol STARTER.

3.Pelajari ada yang memakai operasi tertentu dengan sistem komputerisasi,GPS,sistem kamera,sistem alarm,dll pelajari dengan betul dan silahkan dicoba-coba dalam keadaan mobil mesin hidup tetapi masih diam tidak berjalan., jangan lupa pasang selalu rem tangan manual bila sedang parkir.

4.Tongkat perpindahan persneling biasanya ada yang bertuliskan atau tanda hurup P,R,D,N dan M atau angka 1 2 sampai 3.

Masing-masing adalah untuk hurup artinya (P) untuk gear Parking,parikir,R untuk Mundur,lalu N untuk Normal,lalu hurup D (Drive),nah hurup (D) inilah yang paling sering dipakai,karena di posisi tongkat persneling inilah bila mobil automatic berjalan di jalan biasa dan normal harus dipergunakan.

Lalu ada hurup angka 1 atau 2 atau 3 atau hurup L untuk mobil-mobil matic buatan Jepang dan Asia.
Tetapi untuk matic buatan Amerika dan Eropa biasanya hanya tersedia simbol P,R,N,D,dan M atau angka 1 saja,macam-macam deh sesuai model mobilnya.

Untuk berjalan di jalan biasa sehari-hari disarankan untuk memakai gear D atau (Drive) saja,selain mengirit bahan bakar gear ini adalah gigi yang paling disarankan untuk digunakan sehari-hari di jalan yang normal oleh hampir semua pembuat mobilnya.

Untuk yang angka 1 atau 2,3 dan hurup M adalah setara gigi satu atau dua di mobil manual biasa,digunakan untuk menapaki jalan yang naik atau menurun berbahaya kondisi jalan yang rusak atau kondisi jalan yang darurat.

Jadi untuk berjalan di jalan normal sehari-hari lebih baik menggunakan perseneling di posisi gear berhurup D (D) saja.

Belajar mulai jalan.

1.Masuklah di belakang setir dan setel dudukan setir,kursi sesuai dengan kenyamanan anda.Injak Rem sebelum di STARTER dengan kontak manual atau dengan kontak magnet atau dengan sentuhan sesuai model mobil anda.

2.Injak pedal REM oleh kaki kanan,(kaki kiri tidak berfungsi diam saja) tongkat persneling harus di Hurup P (Parking),dan mulai ON STARTER mesin mobil hidup,injak terus pedal REM masukkan perneling ke hurup D (Drive) dan angkat perlahan injakan kaki di pedal REM perlahan pindah kaki kanan ke pedal GAS di dekat sebelah kanan pedal REM,lalu melaju deh mobil matic anda.

3.Jika mau berhenti tak usah panik tinggal injak saja pedal REM dan mobil atomatis akan berhenti,

Jika sekedar mau berhenti sementara misalnya di lampu merah maka injak saja pedal REM terus,namun jika akan berhenti lama di garasi injak REM dulu lalu setelah mesin mati, masukkan persneling di hurup P (Parking) dan jangan lupa selalu rem tangan manual harus dipasang.

Masalah REM tangan ini harus seallu digunakan sebelum anda turun dari mobil,menjaga keselamatan anda dan mobil serta orang lain,sebab jika rem tangan blong atau tidak dipasang ketika berhenti,bisa saja mobil anda akan melaju perlahan karena kondisi jalan menurun misalnya.

Untuk menjadi ahli dan mahir maka selanjutnya adalah masalah jam terbang anda,semakin banyak jalan semakin akan mahir menguasai keahlian menyetir mobil,apalagi jika ditambah dengan mempelajari teorinya dari buku panduan dan bertanya pada teman.

Berhati-hatilah selanjutnya,kini anda sudah bisa menyetir mobil manual atau pun matic (automatic).

Selamat berjalan-jalan,jangan lupa patuhi atauran lalu lintas,lain waktu saya akan berbagi pengalaman tentang mengemudi yang nyaman dan aman di jalan.

Selamat bermobil semoga selamat selalu.Tulisan tentang mengemudi mobil manual bagi pemula silahkan silahkan klik di sini

2 komentar:

mksh om...krn baru mw bw belajar matic nih...klw manual dah oke

thanks ilmu yang bermanfaat

Poskan Komentar