Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 13 Agustus 2012

Islami : Kontrol Diri dengan Iman kepada Malaikat

Oleh : Aang WD

Dalam Islam dan khazanahnya sangat banyak hikmah yang terkandung di dalamnya, bagi yang mau membaca semua yang tersurat maupun yang tersirat dari semua ayat-ayat Allah.

Diantara hikmah tesebut ada salah satu cara untuk mengendalikan diri kita,mengendalikan nafsu kita dengan tidak akan tersinggung sedikitpun oleh orang lain,karena tidak merasa di dakwahi,tidak akan merasa dinasehati,apalagi merasa digurui oleh orang lain,oleh ulama atau oleh siapapun.


Insya Allah,salah satunya dengan semakin meyakini (mengimani) yang ini ,kontrol diri kita akan terkendali dan semoga diberi berkah serta petunjuk kebenaran selalu oleh Allah.

Yaitu diantaranya,semakin meyakini,mempertebal iman (percaya),kepercayaan kita bahwa makhluk yang bernama Malaikat itu ada benar keberadaannya,dan ini termasuk Rukun Iman yang kedua dalam rangkaian agama Islam.

Rukun Iman  :

1,Iman atau percaya kepada Allah
2.Iman kepada Malaikat-malaikat Allah
3.Iman kepada kitab-kitab suci
4.Iman kepada Nabi dan rasul
5,Iman kepada hari kiamat
6.Iman kepada qada dan qadar

Keterangan mengenai keberadaan malaikat ini dapat anda lihat di media lain,banyak dalil tentang ini di Al Quran dan Riwayat Hadist.

***
Yang saya maksud dalam tulisan ini adalah kita layak percaya dulu,harus beriman bahwa Malaikat itu ada,sebagai makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari Nur atau cahaya,mereka dibuat Allah dengan segala kesuciannya dan diberi tugas-tugas tertentu.

“Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) mereka letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.” (Al-Anbiya: 19-20).

Mereka adalah makhluk yang dimuliakan dan taat serta patuh kepada Allah SWT.

***
Diantara para Malaikat tersebut adalah dua nama Malaikat ini yang mari kita perhatikan,dalam konteknya dengan pengendalian diri.

Beliau yaitu dua Malaikat bernama :

Malaikat Raqib dan Malaikat Atid.

Malaikat Raqib,akan selalu ada di sebelah kanan diri kita yaitu beliau mencatat semua amal baik kita,kemanapun kita pergi dan dimanapun kita berada.

Malaikat Atid selalu ada di sebelah kiri kita yaitu beliau akan mencatat semua amal buruk kita,dimanapun kapanpun dan daam keadaan apapun.

Mereka mencatat dengan sangat jujur,dan tidak akan terlewat tidak akan bisa dikibuli atau disogok,mereka menulis apa saja yang kita perbuat detik per detik.

Bila kita moslem ,orang bergama Islam yakinilah bahwa selain Malaikat lain yang bertugas di posnya masing-masing,dua Malaikat ini Raqib dan Atid akan selalu menguntit kita karena ditugasi Allah untuk mencatat semua amal perbuatan kita.

Beliau selalu ada di bagian kanan dan bagian kiri diri kita,setiap saat,ya setiap saat.

Sebenarnya kita itu diawasi dan diikuti ,diintel terus secara ghaib oleh malaikat dan terus dicatat semua amal baik dan buruk,khususnya oleh dua Malaikat ini ,Raqib dan Atid.

Bahkan saat  ketika anda membaca tulisan inipun,Malaikat Rakib dan Malaikat Atid ada di dekat kita,beliau melihat kita terus mnerus,karena itu tugas mereka yang diperintahkan oleh Allah SWT,Rabbulalalim.
Malahan sebagian ulama ada yang menggambarkan untuk semacam gambaran kepada mereka itu Rakib dan Atid Alaihi Salam bahwa selalu ada di bahu tangan kanan atau kiri kita.Itu gambaran subyektif supaya mudah memahami keberadaan mereka.

Secara hakikat keberadaannya itu rahasia Allah,bagaimana bentuk dan letak serta tempat sebenarnya mereka berada dan beroperasinya,tentu tidak akan ada yang tahu.Cape-lah kalau harus meneliti itu,keimanan disini bukan untuk dicapai dengan logika,cukup dengan tingkat ke-Tauhid-an yang baik dan benar saja,sesuai dengan Al-Quran dan al Hadist yang Sahih,Masalah kepercayaan tidak selalu harus terbukti dengan logis dan empiris bukan ?

***

Untuk mengendalikan diri kita tak usahlah menunggu ditegor orang lain atau didakwahi bahkan digurui orang lain,karena digurui orang lain pada umunya tidak akan mau dan mudah tersinggung,salah satunya coba saja yakini dengan benar bahwa kita selamanya selalu dikuntit secara ghaib oleh dua orang malaikat ini,semua amal baik atau perbuatan jahat kita tidak akan luput dari pengamatan dan catatannya.

Syariatnya melalui pengintaian para Malaikat,hakikatnya adalah Kuasa Allah bahwa Allah adalah yang Maha Tahu atas segala urusan dan perbuatan semua makhluk-Nya.

Wallahualan bisawab.

Disarikan dari berbagai sumber.

2 komentar:

Salam mas Aang,
bahagia sekali membaca tulisan ini, saya juga senang selalu mengingat-ingat apa itu rukun iman,itu menjadi salah satu konsen saya dalam pembelajaran,
memang benar bahwa kita sering mengabaikan hal ini, sehingga sering kita tak bisa kontrol diri.
Bukan hanya iman kepada Malaikat, namun iman kepada kitab-kitab Allah pun sering tidak kita pahami, sehingga selalu kita kerap terjebak dalam pertengkaran yg tidak berguna.

terima kasih selalu menulis ya!
salam bahagia dan terus berkarya!

Sama-sama Mbak Ridha,wah senang sekali saya dikunjungi selalu oleh banyak teman-teman.

Ini tulisan yang biasa saja mbak,malu sebenarnya hehe,,,

tapi ya berbagi pengalaman saja,dan kalau andaikata saya ada salahnya,maka dengan senang hati silahkan di kritik dan diluruskan .

Terima kasih.
Selamat bekerja Mbak Aridha.

Poskan Komentar