Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 05 Oktober 2012

Menyikapi Orang yang Sirik,Iri atau Dengki

                          

Sirik atau Iri hati dan Dengki adalah perasaan tidak senang dengan kelebihan atau kemajuan orang lain.Dalam agama Islam hal ini disebut sebagai penyakit hati.

Layaknya penyakit sudah pasti akan menggerogoti badan dan jiwa si penyandang sifat iri dan dengki.Sifat dan perilaku sirik termasuk kepada tingkah laku yang jahat,sangat jahat dan berdosa.

Dalam pola pikir yang butek,cetek dan dangkal lalu disikapi dengan tingkah yang jahat,biasanya orang yang sirik dan dengki kepada orang yang ditujunya selalu diiringi dengan perbuatan jahat.Yaitu perbuatan yang berusaha untuk menghancurkan yang ditujunya.

Kondisi iri dengki dan sirik ini biasanya hinggap di jiwa yang kerdil,pikiran yang dangkal dan kurang ilmu.Termasuk kepada orang yang kurang pergaulan.

Menghadapi orang macam demikian bila terjadi kepada diri kita,sebaiknya kita acuhkan saja.Tidak usah dilayani,hindari saja dan jangan coba-coba menasehati,karena jika kita menasehati,alih-alih akan berubah sifat dan wataknya sebagai ahli dengki,malahan bisa lebih parah menyerang kita dengan tindakan yang jahat lainnya.

Bersikap biasa saja dan kita terus berlalu sesuai dengan prinsip hidup baik kita.Toh nanti semua yang punya sifat iri dengki dan sirikan kepada orang lain,akan musnah dengan sendirinya.

Entah nanti akan sakit sepanjang masa,atau beliau itu akan merugi dengan tingkah lakunya sendiri,seleksi alam akan berbicara.Yaitu rata-rata orang yang suka iri dengki hidupnya terus susah dan susah,hidupnya tidak mengenal kata gembira,senang atau hatinya riang apalagi bisa bahagia.Hatinya akan selalu gelap gulita,memandang semuanya dengan kegelapan,kemuraman dan panas membara membakar hati dan menggerogoti jiwa raganya.

Yang banyak terjadi kepada yang punya sifat iri dengki adalah akan terjadi "Senjata makan tuannya" yaitu akan celaka dengan kesirikpidikan dan sifat iri dengkinya sendiri.Badannya akan kurus kering karena sibuk hanya memikirkan diri orang lain.

Jiwanya akan kerontang karena sibuk menilai kejelekkan orang lain,pikirannya akan "miring'karena sibuk memikirkan kelebihan orang lain,dan kurang peduli kepada memikirkan perbaikan dirinya sendiri.

Orang yang sirik dan iri dengki hidupnya tidak akan maju,malah perlahan dan pasti hidupnya akan selalu hancur dan tertinggal terus dari orang yang dijahatinya.

Semoga diri kita dilindungi Tuhan agar tidak memiliki sifat iri dan dengki kepada orang lain.

Selamat pagi.
Gambar ilustrasi :flickr.com

21 komentar:

kedengkian hanya menghancurkan diri sendiri. Orang yang dengki tidak sadar bahwa ia mengisi hari2 dan kehidupannya dengan membakar diri sendiri melalui api api amarah dan api kedengkian yg selalu berkobar2.

salam bahagia dan terus berkarya!

kedengkian hanya menghancurkan diri sendiri. Orang yang dengki tidak sadar bahwa ia mengisi hari2 dan kehidupannya dengan membakar diri sendiri melalui api api amarah dan api kedengkian yg selalu berkobar2.

salam bahagia dan terus berkarya!

Terima kasih mbak Ridha,,,

Sepakat dengan ini.Semoga diri kita tidak terkena sifat dan tabiat iri dengki.

Berbahagia sekali saya mendapat kunjungan Mbak.

salam hormat selalu.

knp setiap orang itu selalu dengki ??

iri dn dengki tandany tk mampu.

Anjing menggonggong kafilah berlalu,. Pribahasa yg paling tepat buat menyikapi org yg iri dengki, syirik bin kufur..:)

yang susah kalo itu saudara kandung sendiri...gmn menyikapinya

Untuk semua rekan yang telah mampir dan berkomentar>>terima kasih sobat semua.

Untuk menyikapi yang iri dengki dari saudara sendiri,sepertinya ulasan ringan di atas sudah menjawab semuanya mas atau mbak anonim..

salaman.

klo yg dengki sambil menghina ..bagaimna menyikapinya?

klo yg dengki sambil menghina ..bagaimna menyikapinya?

Dengki itu sifat iblis yg di warisi pada manusia,orang pendengki biasa nya memanhg suka menghina , menfitnah dan sebagai nya. Karna dengki diawali dengan sifat dendam

ya allah ini ada di kehidupan yg sekarang sedang saya alami . saya selalu diam ketika orang tersebut merendahkan dan membicarakan aib yg tidak baik tentang keluarga saya tp ketika dy memfitnah ibu saya sebagai pencuri saya tidak diam saya pun menegurkan tapi ternyata dy malah makin marah dengki dan jahat . salah tp tidak mau di salahkan ,, saya menyesal seharusnya saya bisa lebih sabar untuk menghadapi orang yg memiliki sifat tersebut padahal orang tersebut merupakan saudara dekat dengan saya

Memang sulit menghadapi pendengki, krn umumnya mereka tak merasakan salah krn ditutupi nafsu. Setiap saat ngerumpi memfitnah mengumumkan aib kita, bahkan sengaja dan terencana membuat situasi agar kita salah. Hal ini membuat kita terpancing emosi.
Memang ada benarnya pendapat penulis agar kita acuhkan saja.”Tidak usah dilayani,hindari saja dan jangan coba-coba menasehati,karena jika kita menasehati,alih-alih akan berubah sifat dan wataknya sebagai ahli dengki,malahan bisa lebih parah menyerang kita dengan tindakan yang jahat lainnya”.
Membela diri bukan cara yang tepat krn justru akan diputar balikkan fakta misalnya: ketika kita tidak ingin perbutan jahatnya, bisa jadi kita yang difitnah “tidak mau kerja sama”.
Tapi kita juga harus ingat kewajiban kita sebagai sesama manusia untuk saling mengingatkan pada perbuatan kebaikan, walau itu memang sulit.
Marilah kita selalu berdoa minta petunjuk dan berlindung padaNya. Semoga kita terhindar dan tidak menjadi bagian dari pendengki.

kalo yang dengki itu suami kita sendiri,?! :(

Menyikapi orang yg bersifat demikian harus dengan kesabaran dan sesungguhnya allah beserta orang2 yg sabar salam nanik ekmawati

Bagaimana menyadarkan orng pndengki? Sedangkan tulisan di atas jangn menasehatinya.

Sabar sist... org dengki itu sifat setan. Ketika ibu saya dihina pun sy tdk tinggal diam..tp sy bicara seperlunya saja. Tdk perlu kita bls dendam... setiap perbuatan akan kembali pada pelakunya

Pemicu dengki adalah iri dan kecewa. Iri dengan keberhasilan/kelebihan orang lain. Kecewa karena sesuatu yang diharapkan dari kita tidak didapatkannya.
Apakah anda seorang gadis/perjaka yang sukses? Hati-hatilah karena setiap orang dan kerabatnya memendam kekecewaan luar biasa jika cintanya ditolak

Saya Pagi Tadi ada kabar dari kamar kos sebelah saya bahwa ada yg suka mejelek2an saya..
entah kenapa mungkin dia iri sama saya

jaman sekarang membuang waktu hanya untuk memikirkan orang macam begitu akan merugikan diri sendiri dan akan membuat tidak fokus dengan apa yang ingin di capai...ingat gunakan waktu untuk hal2 yang berguna.

Anggap aja binatang..yach..anjing menggonggong kafilah brlalu.beres kn.kl saya lbh aneh lg.koq yg punya kontrakan yg iri sm saya..haha..apa ga aneh tu??secara tiap saat kl ktmu "beliau" itu ngmongnya slalu nyindir.nyinyir.mrendahkn.meremehkn.suka ngompor2in.ap lg kl liat barang2 sy.liat kemajuan usaha suami sy.slh sya.ap..uang kontrakn tpat waktu ga prnh nunggak.duh..aneh bener

Poskan Komentar