Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 02 Desember 2012

Akibat Buruk Banyak Begadang

Begadang yaitu tidak tidur dengan normal di waktu malam,atau mata dan tubuh melek terus sepanjang malam.Begadang jika dilakukan menjadi sebuah kebiasaan atau terlalu sering dilakukan,menurut beberapa penelitian dan analisa para ahli kesehatan,akan berakibat kurang baik kepada kualitas kesehatan kita.

Beberapa artikel tentang ini yang penulis jadikan referensi memang belum menemukan sebuah tulisan baku.Hampir semua tulisannya hanya memuat hasil-hasil penelitian dan atau beberapa kasus  dan analisa-analisa serta pegalaman para praktisi dan para ahli kesehatan,yang diulas dan ditulis melengkapi artikel kesehatan termaksud.

Namun tidak ada salahnya,jika kita mempertimbangkan saran mereka untuk "tidak banyak' atau tidak terlalu sering "begadang' setiap malam.

Beberapa contoh akibat buruk kurang tidur sekitar 8 jam sehari semalam,terutama jika kurang tidur di malam hari dengan baik adalah :

1.Berpotensi menderita penyakit tekanan darah tinggi,atau malah sebaliknya tekena tekanan darah rendah.

2.Daya kerja otak berkurang.

3.Meningkatkan resiko gangguan,penyakit dan kesehatan jantung.

4.Badan menjadi mudah cape,loyo dan muka pucat.

5.Produktivitas menurun,daya ingat berkurang dan sukar berkonsentrasi.

6.Mudah tersinggung dan tubuh tidak bugar,kusut masai.

7.Beberapa orang mudah terkena gejala flu,masuk angin,meriang dan inflluenza.

8.Nafsu makan berkurang dan mudah terkena stroke.

Dan efek buruk lainnya yang tidak bisa saya muat semuanya,semoga kita semua bisa merubah dan menata kembali gaya hidup sehat kita.Terutama merubah pola tidur dari yang tadinyaa banyak begadang,sekarang menjadi memberikan haknya kepada jiwa dan tubuh kita untuk berpola tidur yang cukup dan sehat.Yaitu rata-rata untuk orang dewasa kurang lebih 7-8 jam sehari semalam.

Dan saat tidur yang paling baik serta sempurna adalah saat malam hari.Jika keadaan memaksa untuk begadang,usahakan jangan terlalu sering setiap malam.Atau jangan begadang berlebihan.

Salam selamat tidur yang cukup.Disarikan dari berbagai sumber.

0 komentar:

Poskan Komentar