Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 23 Desember 2012

Ups,TKW Saudi Sehari Semalam Hanya Tidur 3 Jam

Jam kerja bagi TKI PRT di Saudi belum ada peraturan baku mulai jam berapa sampai jam berapa.Jadwal kerja mereka disesuaikan dengan kondisi majikannya masing-masing.Istilah mereka,bagaimana nasib diri para TKI termaksud.

Namanya juga di rumah tangga,pekerjaan di rumah sehari-hari tentu seolah tidak ada selesai-selesainya.Misalnya cuci piring,nyapu,beresin tempat makan,bersih-bersih lantai,wc,meenyalakan lampu,merapikan bekas makan minum dan sebagainya.

Waktu bekerja mereka rata-rata dianggap selesai jika tuan rumah keluarga dan majikannya sudah pada pergi tidur.Celakanya kebiasaan tidur warga Saudi,pada umumnya selalu larut malam,bisa di atas jam 00.00.

Jadi rata-rata TKI PRT Saudi,selesai bekerja antara jam 1 dinihari dan atau bisa lebih jika anggota keluarga majikannya sebuah keluarga besar.Namun tidak jarang yang bernasib mendapat majikan yang pola tidurnya sudah ngorok di jam 21.00 atau 22.00 malam hari.

Nah,di saat sudah selesainya "tugas-tugas' bekerja mereka,di larut malam dinihari jam 02.00 atau 03.00 pagi,teman PRT bukannya pergi tidur,tetapi mereka langsung online,baik yang di internet maupun yang di saluran telepon konferensi,telepon ngobrol bersama beberapa orang.

Tidak jarang sampai saat adzan Subuh tiba,baru setelah menunaikan salat subuh mereka tidur,untuk kemudian jika hari sekolah tidak libur,sudah bangun lagi pada jam 6 pagi.

Atau tidak tidur sekalian sampai anak majikan berangkat sekolah semua,dan baru tidur lagi jam 8 sampai jam 11 pagi.

Sehari semalam mereka rata-rata tidur hanya 3 jam saja,bukan semata karena disuruh bekerja terus oleh majikan,tetapi karena waktu isturahat mereka diisi oelh saling kontak sebagai hiburan mereka.

Hal ini karena hiburan yang paling mudah dan gampang di selama kontrak kerja bekerja sebagai penbantu di Saudi,hanyalah dengan jalan melalui jalur "udara'.Di internet (baca: facebook) atau di saluran telepon konferensi.

Meskipun mereka bekerja di bawah tekanan,bahkan sesekali terdengar banyak berita pelecehan,namun mereka punya daya tahan yang super bagus.Sudah kepalanya banyak masalah di keluarganya masing-masing,kerja otot seharian,sebagian ada yang ditekan kebiasaan sehari-harinya agar mengikuti gaya dan adat pribumi.

Tetapi meskipun demikian,mereka pada umumnya mampu melewatkan masa-masa "menderita' macam begitu,bahkan hanya tidur 3 jam sehari semalam.Dan tetap bisa menjalankan tugas pekerjaannya dengan baik.

***

Mungkin patutlah kita bersyukur,kita atau anda yang dikaruniai Tuhan banyak waktu yang luang,harta yang cukup,waktu berkumpul bersama keluarga yang bisa setiap saat bertemu,bercanda dan bersama.

Mereka TKI PRT di Saudi khususnya,melewatkan masa kerjanya dengan segala"penderitaan' lahir dan bathin.Demi uang dan demi perubahan nasib keluarga dan dirinya.

Allahu Akbar.

Terima kasih sudah mampir dan membaca.

0 komentar:

Poskan Komentar