Kamis, 29 November 2012

Sejak Tadi Malam,Riyadh Diguyur Hujan

Sejak sekitar jam 10 malam tadi,Kota Riyadh diguyur hujan,meskipun tidak deras namun cukup merepotkan jika sedang berkenderaan.Air bahpun dengan cepat menggenang di daerah-daerah rendah di sekitar jalan raya.

Jalan raya di Riyadh,pada umumya tidak disediakan got saluran air di pinggir bahu kiri kanannya.Karena frekuensi curah hujan di sini tidak setinggi seperti di tanah air.

Kemacetan lalu lintaspun banyak terjadi di sekitar persimpangan jalan lingkar,terutama di jalan-jalan bawah tanah dan bundaran putar arah .Lalu lintas terhalang air bah yang menggenang dan atau terhalang oleh mobil-mobil tua yang mogok kena air hujan.















Rabu, 28 November 2012

Banyak TKI Riyadh Berolahraga Lari dan Voli di Sini

Lintasan lari yang bersih,rapi dan indah.Pohon-pohon dan rumput yang terurus dan dikelola dengan baik,taman yang rapi serta keamanan yang baik,menjadikan kami TKI Riyadh,bisa betah berjam-jam beraktivitas di taman ini.

Fasilitas parkir yang gratis,wc yang bersih dan tidak bayar serta areal yang luas serta tertib dan tidak berisik.Mungkin kalau malam hari dan hari Jumat akan sedikit ramai dengan teriakan anak-anak di area bermain anak-anak yang semuanya gratis.

TKI Riyadh memanfaatkan taman ini untuk berolahraga lari,voli atau sekedar duduk-duduk santai di taman yang semuanya gratis dan aman nyaman.Taman kota hadiqah riyadiyah Al Rawabi,Riyadh.










Jumat Pagi Bersama TKI Main Voli di Taman Ini





Jika haus dan lapar,anda bisa jajan di cafe kecil ini,namun bukanya hanya dari setelah shalat Magrib dan malam hari.


TKI Suka Main Volley Ball di Taman Kota Rawabi-Riyadh

Acara olahraga pagi ini saya mengunjungi Taman Kota di belakang Pasar Induk Sayur dan Buah-buahan Rabwat-Riyadh.Hadiqah ini dilengkapi oleh lapangan sepak bola mini ,basket,dan lapang volley ball.

Banyak teman TKI yang main volley jika hari Jumat pagi.Ketika sore hari dan malam terutama malam Jumat dan malam liburan,hampir semua bagian taman penuh dengan pengunjung,baik yang hanya berjalan-jalan dan lari kecil di sepanjang lintasan,atau anak-anak yang bermain dan keluarga yang mengampar tikar untuk santai.

Gambar di bawah ini saya ambil saat jam 6,saya berolahraga sebentar sebelum "berdinas mencari nafkah".











Di lapangan inilah ketika hari Jumat tiba,bisa bertemu dengan TKI yang sedang berolahraga,terutama yang bermain
Volley Ball dan Lari Pagi.

Selasa, 27 November 2012

Mall dan Pasar di Riyadh

Walaupun kota Riyadh tidak termasuk Kota tujuan wisata paling diburu di dunia,tetapi mungkin saja ada sebagian pembaca yang untuk suatu kepentingan harus singgah atau mengunjungi dan tinggal di kota ini.

Riyadh dengan status sebagai Ibukota Kerajaan Saudi Arabia,menjadikannya banyak kantor dan perwakilan perusahaan atau instansi negara-negara di dunia bertempat di sini.Termasuk mungkin dari anda pembaca ada yang berasal dari Brunei,Malaysia dan Indonesia,yang mengerti bahasa standar yang dipakai di blog ini.

Tidak komplit memang,namun yang saya tulis hanya yang saya pernah kunjungi saja.Atau pernah saya singgahi dan saya lihat sendiri.

Mall yang besar-besar atau hanya pusat perbelanjaan sedang dan kecil sangat banyak di sini.Hampir di setiap distrik mempunyai Mall besar.Apalagi setingkat Pasar Induk dan Super market,terutama super market yang buka 24 jam.

Mall-mall yang besar diantaranya Al Othaim Mall,terletak di Jalan Khuraish,di sini juga ada Riyadh Mall,Carefour Mall,Al Sadhan dan Toko Buku Besar Al Jareer plus menjual gadget dan handphone.

Di jalan King Abdul Aziz,ada Sahara Mall dan Al Hayat berdampingan,di perempatan antar jalan Malik Abdullah dan Malik Abdul Aziz.Termasuk sepanjang jalan sini banyak juga restaurant-restauran khas Turki,Maroko,China,Beirut ,Libanon dan Eropa.

Di eksit 15 Jalan lingkar timur (East Ring road) ada Al Othaim-Rabwah Mall,berdampingan dengan City Mark dan Pasar Induk Suk Majid.Berseberangan dengan Masjid Besar Al Rajhi.

Di sepanjang jalan Olaya dan sekitarnya ada Faisaliyah Mall dan Mamlaka Tower.anda bisa masuk dengan bebas memandang kota Riyadh dari ketinggian gedung yang untuk sementara ini menjadi trade merknya atau ciri khasnya kota Riyadh.

Masih sepanjang jalan Olaya (kota),ada Marina Mall,ada Pasar Tayibah,Pasar Andalus,Riyadh Gallery Mall dan pasar-pasar induk kecil lainnya.

Seberang jalan Olaya,ke arah barat sedikit ke Jalan Malik Fahad dan persimpangan jalan Thalia,ada Panorama Mall dan pusat grosir komputer serta barang-barang keperluan dapur,(B,Arab;Mawain).

Di eksit 9,Tarikh Dairi ada Mall Carefour yang tempat parkirnya sangat luas dan nyaman,di eksit 20 dan 22 anda bisa masuk kawasan Grosir Batha.

Di Kawasan Kota Tua Batha,anda bisa menelusuri pusat-pusat grosir berbagai ragam barang,aksesoris dan suku cadang mobil bekas di Sanaiyah Gadim,untuk belanja Emas dan perhiasan lainnya di Pasar Hayyi Dira,atau mau belanja mainan anak dan pakaian murah di sekitar Mesjid Agung Hayyi Dirra dekat Batha samping Musium Kerajaan,King Abdul Aziz.

Bisa masuk dari jalan King Fahd atau dari Lingkar selatan Batha.

Di eksit 22 dan 23  masuk jalur Tarikh Dirab,tepatnya di Hayyi Shifa.ada pasar murah dekat Shifa Mall,samping Mesjid Agung Amirah.

Kemudian di Distrik Badi'ah,Hayyi Badi'ah dan Hayyi Swedi anda bisa masuk ke AL Badiah mall,serta pasar-pasar dan Mall Hyper Panda Badiah.

Di hayyi Nasim anda bisa belanja aksesoris mobil di Sanaiyah Nasim,atau di Pasar Murah Nasim serta Mall Al Kharam Centre.

Masih banyak yang belum dicatat,semoga sedikit informasi ini bisa membantu anda WNI yang sedang berada di Kota Riyadh.

Jangan lupa jika anda wanita,selalu memakai pakaian Abaya,kecuali bila di tempat-tempat khusus Mal Wanita.Mall khusus wanita.

Seperti di Mall khusus wanita,Mall AL Busra di eksit 14,pria dilarang masuk,letaknya di sampng Mall Mubarak Style seberang Al Sadhan Mall Rabwath.

Selamat berbelanja hehe...

Keterangan (Hayyi..B Arab=ditrict,distrik,kampung atau setingkat wilayah kecamatan)

Kematian Itu Sangat Dekat dan Pasti Adanya

Mati adalah peristiwa sudah tidak hidupnya lagi semua organ tubuh disertai oleh meninggalkannya nyawa atau roh dari badan jasmaniah kita.Jalan dan caranya sangat banyak tidak terhitung,dan kesemuanya adalah Rahasia Tuhan.

Bagi yang berkeyakinan agama Islam,disebutkan Roh meninggalkan jasad kita untuk masuk ke alam kehidupan kedua di alam akhirat nanti setelah yaumul Kiyamat tiba,dan masa menunggu datangnya hari kiamat nanti,ketika kita sudah meninggal disebut alam kubur (yaitu masa penantian roh menunggu hari Kiamat di alam kubur atau alam barzah).

Tidak untuk membahas masalah alam kubur atau hari kiamat di postingan ini.Ijinkan saya menulis sekilas tentang begitu dekatnya kita dengan kematian.

Untuk sedikit memberi peringatan kepada diri kita,yang kadang ketika kita sedang asyik mengejar "dunia',banyak yang lupa bahwa kehidupan ini akan berakhir.

Bukan untuk mengendorkan semangat "motivasi' mengejar mimpi-mimpi dunia.Namun mengajak untuk berpikir seimbang,bahwa urusan dunia tidak terlalu terlena,sehingga kesombongan dan keserakahan serta berbagai ketinggian hati yang kadang hadir di setiap diri ini sedikit terkontrol.Agar tidak terlalu sombong dan takabur dengan segala kehebatan dunia yang sedang kita miliki saat ini.

Termasuk untuk mengingatkan diri saya sendiri,dan berbagi jika anda meminati membaca ulasan sederhana yang nyata akan kita jalani.

***
 Misalnya :

Tadi pagi,saya berangkat kerja jam 6.30 waktu Riyadh.Saya seperti biasa memakai mobil dengan berusaha mematuhi tata tertib di jalan raya.Waktu mau stop di lampu merah pertama ke tujuan,dalam jarak kurang lebih dua puluh meter lampu stopan sudah kuning,dan sayapun siap-sipa untuk berhenti sebelum zebra cross di depan kami.

Dan...,tiba-tiba dari arah samping kanan jalan ada sebuah mobil mewah Land Cruiser keluaran terbaru dengan laju yang sangat kencang menerobos lampu merah,dalam kecepatan yang tinggi dan menabrak mobil yang sedang melaju dari arah jalan yang lampunya sedang hijau.

Setelah menabrak beruntun di tengah perempatan jalan,mobil maut  tersebut bergulir ke tiang lampu stopan yang langsung ringsek serta melaju ke tiang listrik di jalur by pass jalan,tiang listriknya ambruk runtuh dan menimpa beberapa mobil yang sedang macet.Termasuk menimpa banyak orang di dalamnya.

Peristiwa persis di depan kami.Yang terlihat jelas ada tiga mobil ringsek yang ditabrak,dan sopirnya luka parah sangat parah.Lima mobil yang tertimpa tiang listrik yang runtuh dan tentu saja mobil yang pelaku utama tabrakan ini ringsek,pengemudinya Koit saat dilihat karena mobilnya jungkir balik dan ringsek hancur.

Padahal,jika saja pengemudi mobil maut tadi hati-hati dan berhenti sesuai aturan, jika lampu merah harus berhenti,maka kecelakaan dan maut tidak akan terjadi begitu mengenaskan.Merugikan diri sendiri dan mengakibatkan orang lain yang sebelumnya tidak berhubungan langsung jadi turut menjadi korban juga.

Tidak lain itu,akibat dari kesombongan dan kelalaian.Maka matilah dengan cara yang tidak disangka-sangka,mengenaskan kepala hancur dan badan ringsek.

Padahal sebelumnya beliau mungkin seorang yang sangat kaya raya,dihormati dan mungkin saja bergelimang segala kemegahan dan segala sumber kecongkakan dunia.Dilihat kasat mata secara mobilnya mobil super mewah yang harganya Miliaran rupiah,(maaf ini sebagai ilustrasi saja,Inalilalhi wainailaihi rajiuun),untuk diambil hikmahnya oleh saya dan kita.

Itulah yang pada hakikatnya adalah jalan kematian almarhum harus dengan jalan itu.Kelalaian jalan syariatnya hakikatnya jalan kematian baliau sudah begitu takdirnya.

***
Lalu,di kompas.com hari ini.

Diberitakan ada empat orang anak remaja berwisata dan mandi serta foto-foto di sebuah tempat wisata air terjun,dan ketika sedang bercengkerama mereka semua tertimpa longsor dan semuanya meninggal.Mati.

Atau banyak peristiwa sebab dan cara kematian yang tidak dapat diduga sebelumnya,semuanya rahasia Allah.

Termasuk kepada diri kita,kita sebagai orang biasa tidak akan tahu kapan dan dimana serta dengan cara bagaimana kita akan berakhir jasad ini kelayapan di muka bumi ini.Tak tahu kapan kita akan mati,menjadi bangkai tak bernyawa,dan mungkin tidak berharga lagi.

Walaupun ada juga orang-orang tertentu,atas ridlo-Nya yang mengetahui waktu akan kematian dirinya tiba.Biasanya mereka orang yang sangat saleh atau istimewa,namun orang normal pada umumnya,masalah umur kita semua tidak akan ada yang tahu.

***
"...kullu nafsin daikatul maut " Artinya : ..Semua yang bernyawa pasti akan mati"(Al-Quran).

Semoga kita semua,panjang umur dan berkah serta mati dengan kebaikan di ujung umur kita (Khusnul Khatimah).Amin Ya Rabb.

Semoga hidup kita selalu menebar manfaat dan beramal baik,serta jika terlena dan pernah berbuat dosa,semoga kita diberi kemampuan untuk bertaubat dan beramal saleh.Amin.

..."Pergunakan dan manfaatkanlah waktu hidup sebelum datangnya saat mati..." (sari al hadist..)

Salam hangat,salam silaturahmi.

Senin, 26 November 2012

Gallery 6 : Jalan Kaki Sore Ini

Pohon Kurma dan tumbuh-tumbuhan hidup dengan subur karena seperti anda lihat di gambar ini banyak selang air berseliweran.Maha Suci Allah,di tanah gersang gurun Saudi,tetapi diberi Minyak yang banyak,sehingga sebagian besar Warga di sini kaya raya dan banyak uang untuk membor air tanah atau membeli air dari PAM-nya Kerajaan,dengan biaya lumayan mahal agar air bisa digunakan untuk menyirami tanam-tanaman dan merawatnya.
Biaya perawatan tanaman di Saudi memerlukan uang yang tidak sedikit,diantaranya biaya untuk pengadaan air dan gaji para pekerja.


Add caption




Minggu, 25 November 2012

Gallery 5 : Jalan-jalan Hari Ini









Gallery 4 : Jalan-jalan Hari Ini